Kategori

Sabtu, 23 Agustus 2014

Kriya bermotif Kerawang Gayo dipamerkan di ISI Padangpanjang

Judul: Kriya bermotif Kerawang Gayo dipamerkan di ISI Padangpanjang
Sumber: Lintasgayo.co
Waktu: 15 September 2015
Penulis: GM I Kha

Padangpanjang-LintasGayo.co : Tiga karya kriya berlatar motif Kerawang Gayo akan dipamerkan oleh mahasiswa Jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa dan Institut Seni Indoensia (ISI) selama 2 hari (19-20/8/2014) di Gedung M. Syafei Kota Padangpanjang Sumatera Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka ujian tugas akhir penciptaan seni.


Mahasiswa yang mengikuti pameran tersebut diantaranya Ansar Salihin asal Bener Meriah dengan karya “Motif Emun Berkune dalam Kriya Kayu”, Alamsyah Putra  dari Aceh Tenggara dengan karya “Kreasi Kerawang Gayo dalam Perhiasan” dan Saniman Andikafri juga dari Aceh Tenggara “Bentuk Motif Pucuk Rebung Kerawang Gayo dalam Interior Keluarga”.

Karya lain yang akan dipamerkan diantaranya karya Bagus Wiguna “Tokoh Punakawan Wayang Golek Purwo Sunda sebagai Ide Penciptaan pada Kriya Kayu”, Rahmat “Kreasi Bentuk Bambu Dalam Lampu Hias Keramik”, Sahrian. R “Kreasi Eceng Gondok dalam Interior Ruang Tamu”, dan Sabda “Deformasi Bentuk Serune Kalee dalam Penciptaan Lampu Hias”.

Ketua Panitia Pameran tersebut, Sahrian kepada LintasGayo.co, Jum’at 15 Agustus 2014 mengatakan karya yang dipamerkan berjumlah 35 buah karya, diantaranya 28 karya kriya kayu, 14 karya logam dan 7 karya kramik.

Sementara secara fungsi karya ini terdiri atas karya fungsional dan karya ekspresi. Karya fungsional rata-rata dipergunakan untuk benda interior ruangan dan perhiasan, sementara karya ekspresi digunakan untuk hiasan atau pajangan.

“Karya yang telah dibuat ini akan kami persembahkan untuk masyarakat Padangpanjang Sumatera Barat khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Melalui pameran ini kami akan mengajak masyarakat terutama generasi muda untuk peduli terhadap alam sekitar dan nilai budaya tradisi, hal tersebut dapat dilakukan melalui penciptaan karya seni Kriya”, kata Sahrian. (GM | Kha)

Sumber: http://lintasgayo.co/2014/08/15/kriya-bermotif-kerawang-gayo-dipamerkan-di-isi-padangpanjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar